Disclaimer

Penafian dapat didefinisikan sebagai pernyataan tertulis yang dirancang untuk mendefinisikan atau membatasi ruang lingkup hak dan kewajiban hukum yang dapat ditegakkan dan ditindaklanjuti oleh pihak hukum dalam suatu hubungan hukum. Setiap dokumen atau perjanjian yang menyertakan penafian biasanya akan dilindungi dari fitnah atau fitnah.

Ada banyak jenis penafian, masing-masing memiliki syarat dan ketentuannya sendiri. Penafian standar akan memberikan penjelasan kepada pihak hukum tentang apa yang tidak dimuat dalam dokumen tersebut. Jenis dasar penafian meliputi:

Pernyataan umum. Jenis pelepasan tanggung jawab hukum ini akan menyatakan sifat hubungan antara pihak yang membuat pelepasan tanggung jawab hukum dan pihak-pihak yang melakukannya. Misalnya: “dokumen ini hanya untuk informasi Anda”.

Pengabaian Ekspres. Jenis penafian ini menyatakan bahwa para pihak telah menyetujui penggunaan dokumen dan menyetujui penyertaannya. Ini biasanya ditemukan dalam sewa-menyewa properti di mana para pihak setuju untuk digunakan oleh salah satu pihak.

Pembebasan Tersirat. Pengesampingan tersirat adalah ketika para pihak terikat oleh persyaratan kontrak yang tersirat tanpa perlu mengambil tindakan afirmatif apa pun. Pengesampingan tersirat dapat terjadi ketika para pihak bertindak bersama, ketika satu pihak telah melepaskan hak mereka berdasarkan kontrak atau bahkan ketika mereka bertindak sebagai unit atau tim.

Pengumuman Publik. Jenis disclaimer ini biasanya mengacu pada dokumen yang menjelaskan atau membatasi hak para pihak atas dokumen tersebut. Penafian pengumuman publik dapat menjelaskan bagaimana pihak-pihak dalam dokumen tersebut akan menangani komunikasi rahasia, atau mereka dapat menunjukkan jenis dokumen apa yang mereka dapat dan tidak dapat dipublikasikan. Mereka juga dapat memberikan informasi tentang bagaimana para pihak akan menangani dokumen lain yang diterbitkan di bawah kendali mereka, seperti surat resmi ketenagakerjaan.

Bahasa Statuta. Penafian bahasa undang-undang menjelaskan kata-kata umum dan definisi dari beberapa undang-undang yang berlaku. Dalam kebanyakan kasus, undang-undang sangat spesifik dan tidak dapat diinterpretasikan oleh orang umum.

Pertimbangan Lain untuk Dipertimbangkan Saat Membuat Sanggahan: Jika pihak yang Anda ingin sangkal adalah individu, Anda perlu mempertimbangkan hak orang tersebut. Beberapa negara bagian tidak mengizinkan individu untuk membuat pelepasan tanggung jawab hukum, dan ini mungkin termasuk kontrak kerja. Mungkin juga ide buruk untuk membuat penafian untuk bisnis, karena Anda tidak bertanggung jawab atas tindakan bisnis.

Pihak yang Terlibat. Ini termasuk pihak dalam bisnis atau organisasi, tetapi juga dapat mencakup pihak lain seperti pihak ketiga atau pelanggan.

Kapan Anda Harus Menggunakan Penafian? Ini penting. Penafian bukanlah kontrak yang mengikat secara hukum, jadi yang terbaik adalah menggunakannya hanya saat Anda benar-benar membutuhkannya, dan situasinya tepat.

Apa Pengaruh Penafian? Jika penafian memiliki efek yang kuat pada pihak-pihak dalam dokumen tersebut, efeknya mungkin positif, karena mencegah pihak lain untuk melanjutkan perselisihan atau mengandalkan dokumen tersebut.

Misalnya, bisnis mungkin ingin merahasiakan dokumen, tetapi mungkin perlu menggunakan dokumen untuk membuktikan berbagai hal. Para pihak dalam kontrak mungkin keberatan dengan hal ini, tetapi pemilik dapat menggunakan penafian di pengadilan untuk mengatakan bahwa pihak lain tidak diizinkan untuk melihat catatan tertentu dan catatan lainnya.

Jika pelepasan tanggung jawab hukum tidak mencegah pihak lain untuk menggunakan dokumen tersebut, maka mungkin tidak ada masalah. Namun, jika pihak lain mengandalkan kontrak dan pemilik tidak melakukan pengungkapan apa pun, maka pemilik dapat membantah bahwa Anda tidak boleh menggunakan dokumen tersebut sama sekali. Pemiliknya mungkin berpendapat bahwa Anda tidak boleh menyimpan catatan apa pun, tetapi jika ini benar, Anda harus menemukan cara untuk memperbaiki situasi tersebut.

Jika Anda memiliki bisnis, Anda mungkin tidak ingin menggunakan penafian kecuali tidak ada cara lain untuk menyebarkan informasi di luar sana dan Anda ingin merahasiakan dokumen tersebut. Jika Anda ingin menggunakan disclaimer, Anda pasti ingin tahu kapan Anda harus menggunakannya. Ini akan membantu Anda melindungi diri dari situasi yang mungkin mengarah pada hasil yang tidak diinginkan.